MENGATASI KEJENUHAN DALAM BEKERJA

24 03 2010

Kejenuhan merupakan suatu perasaan bosan terhadap situasi lingkungan sekitar kita. Kejenuhan dapat terjadi dimana saja dan tidak menutup kemungkinan juga dapat terjadi di lingkungan tempat kita bekerja. Salah satu faktor penyebab kejenuhan ialah situasi yang monoton dalam pekerjaan rutin kita. Menurut Sylvina Savitri (www.experd.com/news-articles/articles/18/ tanggal 12 maret 2010) mengatakan bahwa “Pekerjaan yang kurang menantang, tidak memberikan otonomi dan tanggung jawab yang berarti pun bisa memicu timbulnya jenuh. Selain itu dikatakannya bahwa pada dasarnya otak manusia selalu membutuhkan stimulasi dan tantangan. Hal ini yang menjadikan kita bersemangat mengerjakan tugas baru, karena otak bekerja untuk mengatasi tantangan yang diberikan. Setelah kita menguasai tugas baru tersebut, antusiasme kita kerap turun, timbul rasa jenuh karena otak secara otomatis hanya tinggal mengulang saja.” Hal ini berkaitan dengan keseharian kita bekerja di Dinas PKP-PK yang bersifat stand by menunggu sesuatu yang tidak diharapkanĀ  terjadi, dan sudah tidak dipungkiri lagi kejenuhan bakal menghantui setiap personil PKP-PK yang tidak menyelingi kesehariannya dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan menunjang operasional.

Fatig atau jenuh dapat diatasi dengan memasukkan sesuatu yang kita senangi atau hobby kita kedalam rutinitas kita sehari-hari di tempat kerja yang tentunya tidak mengganggu aktivitas kita dalam bekerja. Selain itu dapat pula dilakukan berbagai halyang dapat mengusir rasa jenuh tersebut antara lain:

1. Dengan menemukan hal-hal yang baru terus menerus.

hal ini dapat di aplikasikan dengan merubah jadual rutinitas keseharian personil seperti merubah jadual maintenace atau fire station routine yang biasanya jam sekian digeser menjadi lebih awal atau lama atau merubah susunan parkir kendaraan operasional, dan lain sebagainya.

2. Terus melakukan latihan dan belajar.

Latihan merupakan salah satu tugas pokok dari PKP-PK yang mana dengan latihan dan belajar dapat memperbaharui kemampuan personil yang menurun seiring dengan berjalannya waktu.

3. Kreatif dan proaktif.

Kreatifitas sangat penting dalam dunia PKP-PK, bagaimana kreatifitas kita dalam mengolah keseharian kita menjadi sesuatu yang tidak membosankan. Dan selalu proaktif apabila terdapat hal-hal yang perlu dikerjakan bersama sebagai kerja tim(team work).

4. Alokasikan waktu untuk diri sendiri.

Dalam jam dinas PKP-PK memiliki waktu yang panjang dalam stand by, sehingga setelah rutinitas wajib yang harus dikerjakan usai, kita dapat memanfaatkannya dengan memanjakan diri dan pikiran kita melalui hal-hal yang menyenangkan. Memaksimalkan hobby dan kesenangan kita merupakan salah satunya. Misalnya, bagi yang memiliki hobby kutak-kutik mesin dapat menservis kendaraannya sendiri atau membetulkan apa yang kira-kira rusak, yang memiliki hobby komputer dapat mengutak-kutik program-program di laptopnya, dan atau yang punya hobby internet, main game, selama hal tersebut tidak mengganggu operasional kita.

Demikianlah beberapa hal yang berkaitan dengan kejenuhan dalam bekerja yang sudah pasti kita alami dalam bekerja seagai insan Operasional PKP-PK. Semoga bermanfaat.

From Blogger Pictures

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: