BERPROFESI SEBAGAI AIRPORT FIRE FIGHTER?

27 03 2010

Pada suatu situs tentang pecarian suatu profesi, Kalau Aku Menjadi.. pada sub bagiannya kalau aku menjadi Airport Fire Fighter, disana dibahas mengenai kenapa kita mau menjadi pemadam kebakaran Bandara. Situs ini sepertinya diperuntukkan bagi anak muda Amerika yang sudah sampai umurnya untuk mencari pekerjaan menentukan profesi sebagai bekal untuk masa depannya. Tulisan mengenai profesi sebagai pemadam kebakaran bandara ini ditulis oleh Michael Tugay yang menceritakan betapa pentingnya profesi ini di suatu bandara.
Michael Tugay disini menulis bahwa di Amerika biasanya Pemadam Kebakaran di Bandara rata2 adalah unit-unit militer yang ditempatkan di bandara. Tapi dengan banyaknya bandara yang sudah berkepemilikan swasta dan pemerintah daerah saat ini maka diadakanlah penerimaan personil pemadam kebakaran dari umum. Dan pemadam kebakaran bandara ini adalah suatu institusi khusus pemadam kebakaran yang sudah terspesialisasi. Sehingga tidak sembarang personel pemadam kebakaran yang dapat memasuki profesi ini. Sebagai informasi setiap rekruitmen personel pemadam kebakaran bandara haruslah melalui berbagai macam tahap dan harus berdinas dahulu di dinas pemadam kebakaran biasa/ reguler. Baru setelah medapat pendidikan khusus mengenai pemadam kebakaran bandara dan harus mengenal jenis-jenis pesawat (aircraft familiriazation) dan harus bersertifikat sebaga NFPA Firefighter II and Hazardous Materials Operations Level. Sehingga tidak mudah bagi pemadam kebakaran reguler di Amerika untuk berprofesi sebagai Pemadam Kebakaran Bandara karena hal tersebut merupakan level berikutnya dari profesi PK reguler.
Dan bagi kita yang berprofesi sebagai PKP-PK atau personil Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran haruslah berbangga hati karena level kita di tingkat Pemadam Kebakaran adalah lebih tinggi dari level pemadam kebakaran reguler atau pemadam kebakaran kota. Karena disni kita telah diajarkan berbagai macam hal yang spesifik mengenai bahan-bahan kimia berbahaya dan juga kebakaran yang berhubungan dengan penerbangan. Sehingga bagi kita untuk beraksi memadamkan kebakaran gedung (airport aerodrome) sudah pasti bisa namun apabila pemadam kebakaran reguler tidak bisa memadamkan kebakaran pesawat karena ilmu mereka belum sampai kesana tentang apa yang harus dihindari dan dilaksanakan. Maka banggalah kita sebagai insan Airport Fire Figter.

From Blogger Pictures

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: