KONFLIK YANG TIDAK PERLU

27 11 2010

Lingkungan pekerjaan merupakan suatu lingkungan dimana berinteraksinya para karyawan yang bekerja di suatu perusahaan yang sama untuk mencapai target tertentu dari perusahaan. Target ini berbeda-beda tergantung pada jenis pekerjaannya. Khusus untuk dinas PKP-PK sudah jelas target pekerjaan yang harus tercapai dan sudah kami bahas pada posting kami sebelumnya. Dan untuk mencapainya perlunya kerja sama team yang solid. Karena tidak ada seorang “superman” di dalam lingkungan fire fighter. Apabila memang ada seorang “superman” dalam lingkungan PKP-PK maka tidak perlu merekrut anggota terlalu banyak, karena dari pemadaman hingga evakuasi “ia” dapat melakukannya sendiri. Mungkin mobil pemadam sudah tidak diperlukan lagi. Tapi itu hanya sebatas di dalam film fiksi saja tidak dalam kehidupan nyata.

Kembali pada lingkungan kerja PKP-PK, terkadang dengan tingginya intensitas waktu stand by dalam lingkungan kerja PKP-PK menyebabkan kejenuhan dalam pekerjaan. Setiap anggota PKP-PK yang berangkat kerja setiap harinya ke kantor membawa permasalahan yang mereka alami diluar baik itu di rumah ataupun dalam lingkungan kehidupan mereka. Bagi mereka yang dapat memanage permasalahan tersebut sudah tentu tidak akan mencampur adukkan permasalahan yang ia alami diluar kantor dengan lingkungan pekerjaannya. Tetapi terkadang ada saja anggota yang membawa permasalahan yang mereka alami ke lingkungan kerja mereka. Sehingga imbasnya akan berdampak pada teman-teman sekerjanya. Apabila ia seorang komandan maka anak buahnyalah yang akan menjadi korban, bila ia hanya seorang pelaksana, mungkin hanya teman-teman satu levelnya lah yang terkena imbasnya.

Selain itu konflik yang terjadi di lingkungan kerja PKP-PK baik antara komandan dengan bawahan atau sesama pelaksana itu semua wajar terjadi karena untuk menggabungkan berbagai pribadi menjadi satu keluarga PKP-PK tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Agar konflik yang tidak perlu itu selalu terjadi mungkin dapat direnungi beberapa solusi yang penulis kumpulkan dari berbagai sumber.

1.MENGALAH
Mengalah bukan berarti kita benar-benar kalah atau berbuat salah, ini hanya semata-mata agar konflik tidak berkembang menjadi lebih rumit. Tapi jangan selalu mengalah karena apabila anda melakukan itu bisa-bisa anda tidak akan dihargai oleh orang lain.

2.MENAHAN DIRI
Jika kita dilanda masalah sebaiknya kita harus menahan diri sejenak. Kita tidak boleh memaksakan kehendak kita kepada orang lain.

3.MEMBUAT KESEPAKATAN
Buatlah kesepakan aga masalah tidak berlanjut terlalu lama. Buat kesepakatan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

4.TETAP SOPAN DAN SANTUN
Hindari mengucapkan kata-kata yang kurang baik yang dapat menyakitkan perasaan orang lain. Sopan santun dapat membuat suasana menjadi sejuk sehingga konflik bisa diredam.

5.MENGHARGAI PENDAPAT
Hargailah pendapat orang lain agar konflik
meredam. Menghargai pendapat belum tentu setuju, semata-mata agar konflik tidak berkembang.

6.HINDARI BANYAK BICARA
Hindarilah banyak bicara karena akan menimbulkan masalah baru. Tetapi jangan
sekali-kali tidak berbicara, bisa membuat lawan bicara kecewa terhadapa anda.

7.TIDAK MENGUNGKIT MASA LALU
Setiap orang pasti memiliki masa lalu dan
pernah berbuat salah, yang harus anda lakukan hanya memberikan kesempatan & dukungan pada orang untuk memperbaiki kesalahan

8.JANGAN MEMBESAR-BESARKAN MASALAH
Lebih dominan adalah wanita yang sedang
mempunyai konflik dengan orang dan justru membesar-besarkan masalah. Tapi tidak menutup kemungkinan pria juga dapatmelakukannya.

9. BIJAKSANA DALAM MEMIMPIN.
Terkadang sumber konflik berasal dari cara bagaimana pemimpin tersebut memimpin. Saat ini sudah zamannya demokrasi dan bukanlah zamannya otoriter seperti zaman raja yang diktator. Apa pendapat bawahan perlu kiranya untuk didengar.

10. KETERBUKAAN ITU PERLU
Sesuatu yang tertutup dan tidak transparan terkadang membuat orang lain bertanya-tanya. Apalagi sesuatu tersebut menyangkut kepentingan bersama, sehingga keterbukaan dalam hal pekerjaan sangatlah penting untuk dilaksanakan.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: