KEPEMIMPINAN

21 03 2012

Tugas dan tanggung jawab pimpinan
Seorang pemimpin tidak lagi mengerjakan langsung hal-hal yang berkaitan dengan technical skills namun bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan yang tepat ataupun kebijakan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Teori Kepemimpinan

Beberapa teori kepemimpinan yang dapat diambil sebagai pedoman yaitu sebagai berikut  :

1. George R . Terry

  • P   =   Planning
  • O   =  Organizing
  • A   =  Actuating
  • C   =  Controlling

2. Henry Fayol

  • P   =   Planning
  • O   =   Organizing
  • C   =   Commanding
  • C   =   Coordinating
  • C   =   Controlling

3. Luther M. Gullick

  • P  =  Planning
  • O  =  Organizing
  • S  =  Staffing
  • D  =  Directing
  • C   ——

Coordinating

  • O  ——
  • R   =  Reporting
  • B   =  Budgeting

4. Dr. S.P Siagian MPA

  • P  =  Planning
  • O  =  Organizing
  • M  =  Motivating
  • C  =  Controlling
  • E  =  Evaluating

Dari beberapa teori para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa tanggung jawab pimpinan meliputi   perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi.

Tugas dan tanggung jawab pimpinan PKP-PK

1. Tugas dan tanggung jawab dalam operasional

a. Menyiapkan dokumen, peraturan,  petunjuk pelaksanaan baik yang bersifat internasional, nasional ataupun local procedure seperti  :

  • Annex 14 tentang aerodrome;
  • Airport Service Manual Part 1 ICAO Document 9137-AN/898 tentang  Rescue and Fire Fighting Service ;
  • Airport Service Manual Part 7 ICAO Document 9137-AN/898 tentang   Airport Emergency Planning ;
  • Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : KM 24 Tahun 2009 tentang Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS) bagian 139 tentang bandar udara ;
  • Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : KM 24 Tahun 2005 tentang Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI) 03-7067-2005 Mengenai Teknis Fasilitas PKP-PK di Bandar Udara Sebagai Standar Wajib;
  • Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor : SKEP/94/IV/98 tentang Persyaratan Teknis dan Operasional Fasilitas PKP-PK ;
  • Local procedure seperti peraturan Direksi PT Angkasa Pura , peraturan Kepala Cabang dan peraturan Kepala Bandar Udara dll;

b. Memelihara kelangsungan pelaksanaan tugas operasional  baik dalam keadaan normal maupun dalam keadaan darurat;

c. Mengevaluasi pelaksanaan tugas yang dijalankan untuk perbaikan tugas tugas mendatang;

2. Tugas dan tanggung jawab dalam pemeliharaan

  • Menyiapkan dokumen, peraturan, petunjuk yang berkaitan dengan pemeliharaan (maintenance) kendaraan dan peralatan operasi PKP-PK;
  • Memelihara kondisi peralatan / kendaraan operasi agar senantiasa dalam kondisi prima (ready for use);
  • Mengevaluasi tentang metode pemeliharaan yang dilaksanakan secara berkala, untuk penyempurnaan tugas pemeliharaan ke depan;

3. Tugas dan tanggung jawab dalam latihan

  • Menyiapkan dokumen, petunjuk yang berkaitan dengan standarisasi latihan, meliputi latihan ketrampilan dan kesegaran jasmani;
  • Memelihara/menjaga kelangsungan kondisi personel agar siap operasional setiap saat , pada segala cuaca / keadaan;
  • Mengupayakan atau menjaga hal hal yang berkaitan dengan standarisasi personel yang telah ditentukan;

Metode Instruksi / Perintah

Pada dasarnya perintah / instruksi adalah informasi yang berisi pelaksanaan tugas dan disampaikan oleh pimpinan / atasan kepada anggota / bawahan.

Dalam pemberian perintah/instruksi ini senantiasa harus mengandung unsur singkat dan mudah dimengerti.  Hal ini dimaksudkan untuk mempersingkat waktu penganalisaan dan agar tidak salah menafsirkan isi perintah.

1. Instruksi / perintah tertulis

  • a.  Metode perintah semacam ini sangat tinggi akurasinya karena secara berulang ulang si penerima perintah bisa membaca untuk lebih memahami sebalum menentukan sikap untuk melaksanakan;
  • Kelemahan metode ini penyampaiannya memerlukan waktu karena proses penulisan dan birokrasi penyampaian;
  • Keuntungannya dapat direkam dan disimpan / diarsipkan;

2.    Instruksi / perintah lisan

  • Metode semacam ini sesungguhnya mudah dimengerti serta penyampaiannya dapat dilakukan sesegera mungkin;
  • Kelemahannya mudah hilang apabila si penerima perintah tidak berinisiatif untuk mencatat;

3. Instruksi / perintah dengan isyarat

Metode ini digunakan apabila perintah tertulis maupun lisan tidak mungkin digunakan.   Pada saat seperti ini pimpinan PKP-PK harus mengambil  keputusan untuk memberikan instruksi dengan isyarat;

a. Pengawasan (controlling)

Pada dasarnya pengawasan merupakan kontrol/kendali pada suatu pelaksanaan pekerjaan , apakah pelaksanaan tugas operasi, perawatan dan tugas latihan;

Pengawasan mutlak diperlukan untuk mengetahui sejauh mana tugas tugas telah dilaksanakan dan untuk mendeteksi sedini mungkin penyimpangan yang terjadi.

Dari hasil pengawasan ini dapat dipakai sebagai bahan evaluasi dari suatu pelaksanaan tugas untuk perbaikan ke depan;

b. Pengawasan Langsung

Walaupun secara hirarki sudah dilaksanakan pengawasan secara berjenjang , namun dalam hal khusus perlu dilakukan pengawasan langsung oleh pimpinan pada pelaksana tingkat bawah .  Hal ini dimaksudkan untuk mengadakan cross check atas penyimpangan yang dilakukan.

Manfaat dari metode ini sekaligus dapat mengadakan pengawasan langsung pada pimpinan di bawahnya (Konit, Koja, Koru dll);

Menyiapkan Rencana Pelajaran

1. Manfaat rencana pelajaran (lesson plan)

  • Standardisasi
  • Mempertinggi kontinuitas course
  • Menjamin semua hal yang penting tercakup
  • Memberikan kepercayaan diri kepada pengajar
  • Memberikan urutan/rangkaian pelajaran dengan baik
  • Memudahkan/membantu siswa merangkaikan satu subyek dengan subyek lain.
  • Membantu pengajar mengatur waktu.

1. Isi lesson plan

a. Introduction

  •  Review      : Ulangan sekedarnya pelajaran terdahulu yang    ada hubungannya dengan yang akan diajarkan.
  • Over view  : Gambaran tentang apa yang dilakukan oleh siswa/pengajar selama pelajaran.
  • Motivation : Apa manfaat pelajaran bagi siswa (jangka pendek/jangka panjang).
  • Objective   : Manfaat apa yang bisa dilakukan oleh siswa seusainya dia belajar.

b. Body

  • Main Topics
  • Sub Topics
  • Sub-sub Topics

c. Summary

  • Review
  • Criterion Test
  • Preview
  • Study Assignment

2. Penyajian Bahan Pelajaran

a. Pendahuluan

  • Membuat siswa siap menerima pelajaran dengan cara menghilangkan hal-hal yang dapat mengurangi konsentrasi siswa.
  • Siswa diantar dan diarahkan pada gambaran umum dari pokok penyajian.

b. Selama Penyajian

  • Penguasaan dan pengendalian kelas.
  • Pengawasaan dan evaluasi terhadap hasil pengajaran.
  • Pengamatan terhadap diri sendiri.

c. Sesudah Penyajian

  • Pemantapan hasil uji.
  • Persiapan bagi kelanjutan penyajian

 

 


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: